Kamis, 01 Februari 2024

Kisah Lengkap Cerita Nabi Ilyasa AS

 

Nabi Ilyasa AS Sepupu Nabi Ilyas AS

    Nabi Ilyasa AS merupakan putra dari paman nya Nabi Ilyas AS Nabi Ilyasa menjalankan dakwahnya setelah Nabi Ilyas AS wafat karenanya didalam berdakwah beliau berpegang teguh pada syariat dan metode yang digunakan dalam berdakwah sama seperti Nabi Ilyas AS. 

    Al-Qur'an tidak menjelaskan begitu detail nya tentang Nabi Ilyasa AS hanya dijelaskan dalam Q.S. As-Shaad : 48 "Dan ingatlah Ismail, Ilyasa, dan Zulkifli semuanya termasuk orang-orang yang paling baik". 

    Nabi Ilyasa merupakan Nabi Allah SWT yang termasuk hamba terbaik konon beliau disebut dalam kitab Taurat yang diturunkan pada Nabi Musa AS Ilyasa adalah rasul dari kalangan Bani Israel dari garis keturunan yang sama dengan Musa, Harun, serta Ilyas. 

    Nama Ilyasa tidak jauh-jauh dari Nabi Ilyas AS karena masih bersaudara satu sama lain, ketika Nabi Ilyas AS dikejar-kejar oleh kaumnya dan sempat singgah dirumah Ilyasa ketika Ilyas bersembunyi dirumahnya, Ilyasa masih seorang belia yang saat itu sedang menderita sakit Ilyas datang dan membantu menyembuhkan penyakitnya, bahkan Nabi Ilyas AS memperlakukan Ilyasa seperti anak nya sendiri. 

    Setelah Ilyasa sembuh, Ilyasa pun menjadi sahabat Ilyas yang selalu mendampingi untuk menyeru kejalan kebaikan dan kebenaran. Ilyasa melanjutkan tugas tersebut begitu Ilyas meninggal. 

    Ilyasa kemudian menemukan bahwa manusia ternyata begitu mudah kembali ke jalan yang sesat hal tersebut terjadi tak lama setelah Nabi Ilyas AS wafat padahal masyarakat lembah sungai Yordania itu sempat mengikuti seruan Ilyas agar meninggalkan perjamuannya pada berhala.

    Pada kalangan masa setelah Ilyas wafat disitulah Ilyasa tak kenal lelah menyerukan ke jalan kebaikan, dikisahkan bahwa mereka tetap tak mau mendengar seruan Ilyasa dan mereka kembali menanggung bencana kekeringan yang luar biasa. 

    Nabi Ilyasa AS wafat pada usia sekitar kurang lebih 90 tahun yang dimakamkan di Kota Palestina. Selama masa hidupnya Nabi Ilyasa AS tidak dikaruniai seorang anak oleh Allah SWT walaupun demikian untuk memperjuangkan agama Islam tidak sampai hanya pada Nabi Ilyasa AS setelah Ilyasa wafat kemudian Allah SWT mengangkat seorang Nabi untuk meneruskan agama Allah SWT beliau adalah Nabi Yunus AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Lengkap Cerita Nabi Muhammad SAW

  Nabi Muhammad SAW      Muhammad adalah seorang pemimpin agama, sosial, politik, dan penegak agama Islam. Menurut keyakinan umat Islam dia ...

Terpopuler